Wednesday, January 19Website Resmi Polres Banjarnegara
Shadow

Pastikan Ibadah Berjalan Aman, Polsek Susukan Lakukan Pengamanan dan Pengecekan Prokes Perayaan Waisak Vihara Cakra Taruna

Tribratanews.banjarnegara.jateng.polri.go.id – Polsek Susukan Jajaran Polres Banjarnegara melakukan pengamanan dan pengecekan protokol kesehatan penyelenggaran ibadah Puja Bhakti dan Dharmasanti hari raya Tri Suci Waisak 2565 Tahun Buddhis 2021 di Vihara Cakra Taruna Desa Pakikiran Rt 02 Rw 02 Kecamatan Susukan Banjarnegara, Rabu (26/5/2021).

Kapolsek Susukan Iptu Suyono, SH mengatakan, pengamanan dan pengecekan protokol kesehatan dilakukan agar masyarakat aman dari gangguan tindak kejahatan dan penyebaran covid-19.

“Kalo tidak pandemi, biasany warga gabung ke Desa Merden, namun, karena pandemi Covid-19 sehingga 7 warga melakukan ibadah di rumah ibadah sendiri di Pakikiran,” katanya.

Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan, 5 personel yang bertugas tidak hanya menjaga keamanan tetapi juga memastikan penerapan prokes benar-benar dipatuhi dan dilaksanakan dengan benar, sehingga umat hindu dalam menjalankan ibadah tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat.

“Jamaah yang datang wajib memakai masker dan dipersilahkan untuk cuci tangan terlebih dahulu, ketika masuk vihara dicek suhu menggunakan thermogun, pelaksanaan ibadah diikuti sekitar 7 jamaah tetap jaga jarak dan ibadah berlangsung tidak lebih dari setengah jam,” tuturnya.

Selain itu, lanjut Kapolsek, petugas juga terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan, acara perayaan mulai sekitar pukul 18.13 Wib dipimpin pendeta Tomy Suhartin.

“Masyarakat kami himbau agar tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi sehingga virus covid-19 tidak menyebar,” kata dia.

Menurutnya, adanya pengamanan dan pengecekan prokes agar tercipta situasi yang aman, kondusif dan antisipasi berbagai potensi kerumunan serta tindak kejahatan.

“Sebagai upaya Kepolisian dalam memberikan jaminan keamanan kepada umat hindu khususnya dan masyarakat Susukan pada umumnya,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *